25/06/2021

Cara Membuat Oralit untuk Diare Agar Tidak Sampai Dehidrasi

 

Banyak orang yang menyepelekan penyakit diare, sehingga cenderung tidak begitu memperdulikannya atau bahkan tidak menggunakan obat-obatan guna menyembuhkan penyakit tersebut. Padahal sebenarnya penyakit yang satu ini sangatlah berbahaya, bahkan dulunya ia pernah menjadi wabah yang memakan banyak korban jiwa. Hal ini dikarenakan ketika seseorang mengalami diare maka akan lebih banyak cairan tubuhnya yang keluar saat buang air besar tersebut, lama kelamaan hal ini akan memicu dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Dehidrasi ini juga bukan sesuatu yang dapat disepelekan, karena ia akan menganggu kinerja organ-organ yang ada dalam tubuh, bahkan dampak fatalnya akan menyebabkan kematian pada penderitanya. Diantara langkah pertama untuk pertolongan pada penderita diare ini adalah dengan memberinya banyak air putih, untuk menjaga agar cairan tubuhnya tetap cukup agar tidak sampai mengalami dehidrasi. Anda juga dapat mengandalkan oralit yang mampu untuk menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh.

Oralit ini bisa dengan mudah Anda buat sendiri di rumah, berikut ini diantaranya cara membuat oralit untuk diare yang dapat diterapkan, yaitu:

  1. Siapkan bahan-bahan diantaranya adalah 6 sendok teh gula dan ½ sendok teh garam, air gunakan 1 liter saja.
  2. Pastikan bahwa sarana yang Anda gunakan untuk membuat oralit ini benar-benar bersih steril, sehingga tidak ada potensi kuman yang akan memperparah kondisi penyakit tersebut. ada baiknya dicuci terlebih dahulu dengan menggunakan air panas untuk memastikan higienitasnya.
  3. Masak air yang sudah Anda siapkan terlebih dahulu hingga mendidih atau benar-benar matang untuk memastikan kebersihannya.
  4. Campurkan antara air tersebut dengan bahan-bahan yang sudah Anda persiapkan sebelumnya yaitu gula dan juga teh, aduk-aduk semuanya hingga benar-benar larut.
  5. Setelah dibuat Anda bisa segera memasukkannya kedalam botol dan berikan kepada pasien yang menderita diare tersebut.

Sangat mudah bukan cara membuat oralit untuk diare, bahkan Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Cairan tersebut mengandung elektrolit yang bagus untuk menjaga cairan yang ada dalam tubuh. Patut untuk diketahui bahwa nyatanya dehidrasi berat, apalagi yang terjadi pada pasien diare bisa memicu beberapa kondisi ini, yaitu:

  1. Kejang, saat kadar elektrolit yang ada dalam tubuh tidak seimbang, akibatnya terjadi kontraksi otot yang menyebabkan kejang-kejang, bahkan bisa saja penderitanya akan kehilangan kesadaran.
  2. Gangguan pada ginjal, dehidrasi yang terjadi secara terus-menerus dan dalam jangka waktu panjang akan menyebabkan penyakit atau gangguan pada ginjal, mulai diantaranya adalah endapan batu ginjal, infeksi saluran kemih bahkan yang lebih berbahaya adalah gagal ginjal.
  3. Syok hipovolemik, saat volume darah kurang maka tekanan darah dan kadar oksigen juga akan turun, akibatnya akan menyebabkan syok hipovolemik, ini akan mengancam jiwa penderitanya.
  4. Cedera yang terjadi akibat cuaca panas, bahkan ketika dehidrasi ditambah lagi dengan suhu udara yang panas maka akibatnya akan lebih fatal, karena memang tubuh banyak mengeluarkan keringat, juga mengeluarkan air pada saat buang air tanpa diimbangi dengan asupan cairan yang cukup, maka akan menyebabkan kondisi seperti kejang ringan hanya karena terkena sinar matahari.

Jangan sepelekan sebaiknya segera tangani diare dengan tepat, konsumsi obat yang terbukti aman untuk mengatasi masalah pencernaan tersebut layaknya obat Entrostop. Terbukti aman digunakan bahkan bisa dengan mudah Anda jumpai di pasaran, sekarang ini juga sudah tersedia produk yang dikhususkan untuk anak-anak.