17/05/2021

Panduan Membuat Laporan Stok Barang Demi Kelancaran Usaha

 

Pada tiap perusahaan tentu mempunyai barang ataupun jasa yang menjadi produk yang dijual ke pasar. Terutama bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur dan produksi barang. Aktivitas keluar masuk barang merupakan suatu hal yang lumrah terjadi. Pemenuhan barang tersebut terjadi karena adanya permintaan pasar maupun untuk pemenuhan stok barang di gudang.

Dalam mengelola seluruh aktivitas keluar masuk barang, daftar laporan keluar masuk barang penting untuk dibuat karena akan memberikan kemudahan dalam mengelola setiap proses ketersediaan barang yang ada di perusahaan.

Apabila menemukan kesulitan, Anda bisa membuat laporan keluar masuk barang lebih dulu. Sekalipun sederhana, hal ini akan membantu dalam melakukan pengelolaan tersedianya barang yang dijual. Kini telah tersedia software yang membantu seperti aplikasi stok barang dari Jurnal.id yang akan membantu usaha bisnis anda.

Cara membuat laporan keluar masuk barang bagaimana ya?

Dalam membuat laporan keluar masuk barang sangat mudah. Terlebih dengan adanya teknologi komputer, akan lebih otomatis dan cepat. Nah berikut ini ada beberapa hal yang penting diperhatikan saat akan membuat laporan.

Menyiapkan data

Dalam hal pencatatan harus ada orang yang bertanggung jawab secara khusus. Orang tersebut harus melakukan seakurat mungkin. Dari sini bisa diketahui data dari periode sebelumnya dan kemudian bisa menentukan target pemasaran dan penjualan di periode saat ini.

Membuat forecast

Forecast ini dibuat untuk mencatat jumlah persediaan yang diperlukan pada periode sekarang. Anda harus menentukan tiap item barang yang ada. Hal ini sangat penting untuk menganalisa modal atau barang yang ada. Jangan sampai stok menjadi menumpuk, tetapi tak segera dikeluarkan untuk dijual.

Melakukan pengecekan sebelum barang disimpan di gudang

Penting melakukan pengecekan sebelum barang dimasukkan ke rak dan gudang. Anda perlu memberi kode pada barang guna mengetahui barang. Pada langkah ini, Anda sekaliggus melakukan sortir barang untuk mengetahui ada barang yang cacat dan kesalahan produksi.

Memberi kode pada setiap barang

Apabila pembeli bertanya stok barang dengan kode AA, maka Anda bisa langsung mengetahui barang yang dimaksud. Kode pada barang juga sangat membantu dalam menata barang.

Memisahan stok lama dengan stok baru

Pemisahan stok barang bertujuan untuk memudahkan dalam menghitung jumlah stok lama yang telah terjual dan yang belum terjual. Di sini juga bisa diklasifikasikan barang yang lama dan baru.

Cara yang bisa digunakan dalam membuat laporan keluar masuk barang menggunakan excel maupun software. Cara tersebut mudah diterapkan dalam suatu perusahaan. Berikut ini penjelasan mengenai langkah dalam membuat laporan menggunakan tools.

Membuat laporan stok barang menggunakan excel

  1. Buatlah lembar kerja baru atau sheet dan beri nama. Langkah berikutnya, buatlah tabel dengan kolom yang bisa diberi isian kode barang, nama barang, stok awal barang, barang masuk, barang keluar, dan juga stok akhir
  2. Buatlah header dengan block seluruh kolom yang telah dibuat. Selanjutnya klik table pada menu insert
  3. Berilah tanda checklist pada pilihan My table has header
  4. Isi data sesuai data yang ada di perusahaan
  5. Buatlah lembar kerja baru dan beri nama barang keluar
  6. Aktifkan sheet barang masuk. Pada kolom nama barang beri rumus excel Vlookup
  7. Bukalah sheet data barang. Pada kolom masuk beri rumus =Sumif(table6[kode],table8[#thisrow],[kode],table6[jumlah])

Setelah mengetahui bagaimana panduan dalam menyusun atau membuat laporan stok barang, namun dirasa masih sulit. Maka cobalah tuk memikirkan menggunakan aplikasi stok barang dari Jurnal.id yang akan sangat efisien membantu pencatatan stok barang Anda.