15/06/2021

5 Tips Belanja Online Sayur dan Kebutuhan Pokok yang Efisien

 

Belanja secara online saat ini bukan suatu hal yang baru, bahkan sudah menjadi gaya hidup baru apalagi di masa pandemi seperti ini. Jika dulunya orang belanja online untuk beli fashion item, kini mereka bisa berbelanja kebutuhan sehari – hari juga. Berbelanja dan jual sayuran online bagi ibu – ibu rumah tangga dan penjual sayur jadi peluang yang bagus dan membuat momen belanja jadi semakin efisien dan praktis. Karena sangat praktis, minat dan intensitas orang untuk berbelanja online pun semakin meningkat.

Karena terbatasnya mobilitas di musim pandemi covid 19, berbelanja sayur mayur dan kebutuhan belanja menjadi suatu keharusan. Tak hanya satur mayur, tapi juga buah dan juga daging. Namun jika belanja sayur mayur ini sudah menjadi kebiasaan, hati – hati agar total belanjaanmu tidak melebihi budget belanja bulanan, ya.

Nah, simak tips berikut agar anda tetap bisa belanja online sayur mayur dengan efisien.

1. Cek Kebutuhan Memasak Mingguan dan harian anda

Sebelum belanja, sebaiknya buat plan masakan apa saja yang akan anda buat selama seminggu atau sebulan. Jangan lupa untuk sesuaikan dengan budget anda, ya. Dengan begitu anda dapat menulis apa saja kebutuhan belanja anda agar anda tidak belanja secara acak atau terkena panic buying dan belanja terlalu banyak dan tidak sesuai kebutuhan.

2. Pilih tempat belanja yang sudah terpercaya

Setelah tahu apa saja yang perlu anda beli saat belanja, hal lain yang perlu diperhatikan adalah memilih platform atau tempat belanja online yang sudah terpercaya. Platform ini bisa anda akses lewat aplikasi maupun website. Tanya rekomendasi dari teman maupun kerabat maupun rekomendasi dari Google. Salah satu platform yang sudah memiliki ribuan konsumen adalah Tanihub, tak hanya mendapat banyak ulasan positif namun juga pilihan kebutuhan memasak pun cukup lengkap.

3. Ekspedisi pengiriman harus cepat agar sayur tidak busuk duluan

Umumnya, took yang jual sayuran online akan memberikan layanan pengantaran hasil belanja dalam waktu yang relatif cepat. Karena yang dijual adalah produk yang mudah busuk jika tidak segera dimasukkan ke lemari es. Jika penjual menyediakan pilihan jasa ekspedisi pengiriman barang, pilih ekspedisi yang dapat mengirim belanjaan anda di hari yang sama dan dalam hitungan jam saja. Kalau bisa, anda dapat menyimpan kontak kurir tersebut agar anda tau berapa lama lagi kurir akan sampai di rumah anda.

4. Jangan mudah terpengaruh diskon

Diskon adalah sesuatu yang sering diberikan penjual kepada pembelinya, tak terkecuali penjual sayur online. Tapi ingat, jangan langsung tegoda ya, meskipun diskon yang ditawarkan besar, namun jika barang yang didiskon tidak masuk list belanja dan belum anda butuhkan, buat apa dibeli. Mindset ini perlu ditanamkan dan dipraktikkan dengan bijak, terutama saat budget belanja bulanan anda saat ini sedang terbatas.

5. Pilih sayur yang tidak mudah busuk

Yang terakhir, pilih sayuran yang tidak mudah busuk. Tentu penjual sayuran online ingin memberikan layanan terbaik kepada pelanggannya dengan memberikan sayur dan buah yang segar dan opsi pengantaran yang cepat. Namun, kita tidak pernah tahu apakah pesanan bisa kita prediksi dengan tepat kapan dan seberapa segar sayur tersebut saat sampai di rumah. Selain itu, jika anda sudah membuat list belanja bulanan, sebaiknya pilih menu dan bahan yang tidak mudah busuk sehingga anda hanya perlu belanja seminggu 1 hingga 2 kali.

Nah, itu dia tips belanja sayuran yang perlu diperhatikan agar anda dapat belanja sayur online dengan lebih bijak dan efisien.