25/06/2021

Inilah Gejala Maag Kronis yang Bisa Berakibat Fatal, Jangan Disepelekan!

Maag pada dasarnya terbagi atas 2 jenis, diantaranya adalah maag akut yang rasa sakitnya memang parah, namun hanya berlangsung sementara. Sebaliknya ada jenis maag kronis yang justru kerap kali disepelekan oleh masyarakat. Mengingat intensitasnya yang tidak terlalu parah dibandingkan dengan maag akut, namun ia berlangsung dalam kurun waktu lama. Sehingga resikonya juga cukup fatal, karena dapat memicu komplikasi dengan beragam masalah kesehatan yang lebih serius lagi. tidak menutup kemungkinan juga akan menjadi pemicu penyakit kanker.

Gejala maag ini pada dasarnya memang hampir mirip. Gangguan pencernaan tersebut dapat terjadi karena peradangan pada dinding lambung baik itu dipicu oleh bakteri, makanan-makanan tertentu sampai dengan pemakaian obat-obatan tertentu. Umumnya ia juga tak hanya berlangsung sekali, melainkan dapat berlangsung selama berbulan-bulan bahkan juga bertahun-tahun. Itulah mengapa patut untuk Anda mewaspadainya, jangan meremehkan penyakit yang satu ini jika tak ingin berdampak fatal.

Penyakit maag kronis ini dapat dikenali dari beberapa gejalanya, diantaranya adalah:

  1. Nyeri perut, rasa nyeri ini khususnya akan dirasakan pada bagian ulu hati, seperti ada sensasi panas dan terbakar.
  2. Mual bahkan juga muntah, apalagi setelah mengonsumsi makanan.
  3. Perut terasa kembung.
  4. Perut menjadi terasa penuh atau begah, sehingga terkadang hanya dengan mengonsumsi sedikit makanan saja sudah terasa kenyang.
  5. Nafsu makan yang berkurang.
  6. Terjadi penurunan berat badan pada penderitanya.

Umumnya gejala sakit maag kronis ini jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka dapat memicu beberapa macam komplikasi serius, diantaranya adalah:

  1. Tukak lambung, yaitu sebuah kondisi dimana dinding lapisan lambung mengalami luka, hal ini dapat terjadi pada penderita gastritis kronis yang disebabkan oleh infeksi bakteri maupun konsumsi obat-obatan jenis NSAID dalam jangka waktu yang lama, umumnya Anda akan merasakan nyeri yang begitu hemat di bagian perut atas.
  2. Gastritis atrofi, peradangan kronis yang terjadi pada dinding lambung akan menyebabkan kondisi yang satu ini, karena memang lapisan yang melindungi dinding lambung sudah hilang, sehingga akan terasa begitu perih ketika terkena asam lambung.
  3. Anemia, kondisi yang kian parah akan menyebabkan penyerapan vitamin B12 juga terganggu di dalam tubuh, akibatnya adalah tubuh menjadi kekurangan bahan aku yang digunakan dalam membuat sel-sel darah merah, sehingga kemudian mengalami anemia.
  4. Kanker, penyakit yang juga tergolong sebagai momok yang menakutkan bagi sebagian banyak orang, mengingat sampai sekarang belum ada jenis pengobatan yang benar-benar efektif untuk mengatasi penyakit yang satu ini. Gastritis kronis yang tidak segera diatasi memang besar kemungkinan akan menyebabkan terjadinya mutasi atau perubahan pada lapisan dinding lambung, sehingga kemudian memunculkan tumor ganas atau yang dikenal juga sebagai penyakit kanker.

Jangan pernah meremehkan kondisi tersebut, sayangi tubuh Anda, jika memang sudah mulai merasakan gejala maag, dianjurkan untuk segera menjalani pengobatan. Ada banyak sekali obat-obatan yang dapat dibeli di apotek berguna mengatasi kondisi tersebut. Jika setelah mengonsumsi obat-obatan kondisi Anda tidak kunjung membaik, maka ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Nantinya akan ada serangkaian metode pemeriksaan yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit tersebut dan juga menemukan alternatif pengobatan yang benar-benar efektif untuk mengatasinya. Ingat bahwa kesehatan adalah hal yang sangat mahal harganya, jadi cintai diri Anda, biasakan untuk menjaga kesehatan dengan menjalani pola hidup yang benar.