09/05/2021

Sedang Cari Service AC Mobil? Ketahui Juga Penyebab AC Mobil Panas

Melakukan service AC mobil adalah salah satu rangkaian perawatan komponen mobil yang cukup penting. hal ini agar tidak terjadi AC mobil yang tiba-tiba mati karena tidak pernah diservis. Karena pada umumnya AC mobil adalah kebutuhan yang diperlukan ketika berkendara. Saat AC mobil tidak berjalan secara normal bisa terjadi karena salah satunya yaitu AC mobil yang menjadi panas.

Jika AC mobil anda tiba-tiba tidak dingin tentu harus curiga terhadap hal tersebut. Apalagi jika hal yang dikeluarkan adalah udara yang panas. Berikut ini akan dijelaskan beberapa penyebab AC mobil yang mendadak jadi panas.

 

1. Kondensor Mengalami Penyumbatan

AC mobil yang mendadak panas bisa terjadi karena kondensor yang mengalami penyumbatan. kondensor adalah suatu komponen pada AC mobil yang fungsinya untuk mendinginkan refrigeran dengan cara di kompres. ketika kondensor tidak berfungsi maka refrigerant akan tetap panas. Karena kondensor ini letaknya di bagian depan kendaraan jadi mudah sekali mengalami penyumbatan oleh beberapa hal seperti kotoran dan debu, sampah halus hingga dedaunan. jika kondensor memang mengalami hal tersebut maka harus cepat-cepat membawanya ke service AC mobil terdekat.

 

2. Kondensor Rusak

Selain tersumbat, kondensor bisa saja mengalami kerusakan. Kerusakan ini bisa terjadi akibat benda keras yang mengenai bagian tersebut sehingga benar-benar rusak. Saat kondensor rusak maka anda harus segera menggantinya sebelum bagian ini membuat bagian-bagian lain di AC mobil Anda juga ikut rusak. Karena ketika kondensor dari AC mobil rusak, maka komponen lainnya pada AC mobil jadi bekerja lebih keras lagi.

 

3. Extra Fan Mengalami Kerusakan

Ketika komponen extra fan pada AC mobil mengalami kerusakan maka bukan udara yang dingin dikeluarkan malah hembusan udara panas akan anda dapatkan. Apalagi jika kipas benar-benar rusak. Yang menyebabkan kipas rusak biasanya pemasangan tidak sesuai. Atau juga bisa terjadi karena masalah listrik seperti sekring atau religi yang mengalami kebakaran.

 

4. Refrigeran Yang Rendah

Anda juga harus memeriksa refrigerant pada komponen AC mobil ketika mengalami AC yang mengeluarkan hawa panas. Bisa saja refrigerant rendah akibat adanya kebocoran dari koneksi yang longgar. Atau juga bisa terjadi karena selang yang sudah terlalu lama digunakan dan tidak diganti. Ketika kebocoran terjadi pada sistem pendingin maka udara akan berhenti pula menghembuskan udara dingin. Jika sudah begini ada baiknya anda membawa mobil langsung ke service AC mobil terpercaya.

5. Masalah Seputar Kelistrikan

Penyebab AC mobil mengalami panas bisa juga akibat dari masalah kelistrikan yang ada di dalam sistem AC mobil. Gangguan listrik ini membuat sistem tidak berfungsi secara normal seperti koneksi yang buruk atau sensor yang mengalami kerusakan. Masalah listrik Juga berpengaruh pada sinyal yang salah karena kabel yang rusak atau modul memburuk. agar bisa memastikan lebih lanjut bagaimana keadaan AC mobil anda langsung bawa saja ke service AC mobil.

 

 

Itu tadi beberapa masalah yang muncul dan menyebabkan AC mobil anda tiba-tiba mengeluarkan hawa panas. Ketika AC pada mobil anda mengalami sesuatu yang mencurigakan, bisa langsung membawa ke service AC mobil profesional dan paling direkomendasikan yaitu Supercar.id. karena bengkel online ini memiliki mekanik-mekanik handal yang akan menangani AC mobil anda. Belum lagi di Supercar.id, anda tidak perlu melakukan booking dengan datang ke bengkel karena pemesanan bisa dilakukan secara online melalui smartphone anda. Untuk info lebih lanjut bisa langsung kunjungi website Supercar.id