02/03/2021

Anak Pkh Ciamis Dapat Fasilitas Internet Gratis

Regional, CIAMIS : Tidak ada yang tahu kapan Pandemi Covid-19 berakhir. Sedangkan proses kegiatan tetap harus dapat dilaksanakan dengan cara daring.

Maka dari itu, Pelaksana Program Keluarga Harapan (PPKH) Kabupaten Ciamis menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Ciamis dan Telkom.

Kedua lembaga ini diajak PPKH supaya memfasilitasi pemasangan jaringan Internet (Wifi) untuk membantu anak-anak penerima manfaat PKH.

Sehingga para siswa dari anak penerima manfaat PKH itu dapat tetap mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan metode daring.

Fasilitas WiFi dari Baznas dan Telkom ini dipasang di 35 titik lokasi e-warung KUBE PKH yang tersebar di Kabupaten Ciamis.

“Kondisi sekarang, pemenuhan paket knowledge atau kuota internet menjadi kebutuhan tambahan. Agar anak-anak tetap bisa mengikuti proses belajar,” ujar Koordinator 1 PKH Kabupaten Ciamis Indra Maulana, Selasa (15/9/2020).

Indra mengungkapkan, apabila para penerima PKH ini harus selalu membeli paket kuota internet akan terasa berat.

“Jadi nanti akan ada fasilitas internet di e-warung KUBE, jadi mereka tidak harus beli pakat knowledge atau kuota,” ujarnya.

Apresiasi PKH Ciamis

Koordinator PKH Jawa Barat 1 H. Atoillah sangat mengapresiasi inovasi PPKH Kabupaten Ciamis. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Baznas dan Telkom Kabupaten Ciamis.

“Terimakasih kepada Baznas dan Telkom yang telah memberikan bantuan internet untuk e-warung KUBE. Sehingga anak-anak PKH dan anak-anak lainnya tetap bisa mengikuti proses belajar dengan pola daring,” ujar Atoillah.

Dia berpesan kepada para pengurus KUBE agar memastikan pengawasannya. Jangan sampai fasilitas web tersebut dipergunakan untuk hal-hal tidak baik.

Peningkatan Usaha

Atoillah juga berharap e-warung bisa lebih hidup kegiatan usahanya. Kedepan apabila e-warung punya fasilitas internet akan jualan on-line.

“Fasilitasnya sudah tersedia, tinggal pengembangan usahanya,” ujar dia.

Ketua e-warung KUBE PKH Hidayah dari Kelurahan Benteng Kecamatan Ciamis Lia Yuliani (37) juga mengapresiasi langkah PPKH ini.

Dia merasa senang dan terbantu. Lantaran jaringan internet yang terpasang di warungnya dapat bermanfaat bagi para siswa maupun usahanya.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada PKH Ciamis, Baznas, Telkom, Dinas Sosial Ciamis yang telah memfasilitasi terpasangnya web di KUBE kami,” ungkapnya.