25/06/2021

Apa Itu Kuliner Dan Wisata Kuliner?

Posted by : Gaffarais 2 Jul APA ITU KULINER DAN WISATA KULINER ?

Berbagai macam kuliner khas Indonesia

Anda sering mendengar istilah kuliner? Saya yakin jawabannya pasti iya, lalu bagaimana dengan istilah wisata kuliner? Apakah beda atau sama dengan istilah kuliner tadi? Sepertinya ini merupakan hal yang cukup menarik untuk dibahas. So, ayo kita bahas hal yang cukup menarik ini.
Kuliner adalah hasil olahan yang berupa masakan. Masakan tersebut berupa lauk pauk, makanan (penganan), dan minuman. Karena setiap daerah memiliki cita rasa tersendiri, maka tak heran jika setiap daerah memiliki tradisi kuliner yang berbeda – beda. Kuliner merupakan sebuah gaya hidup yang tidak dapat dipisahkan. Karena setiap orang memerlukan makanan yang sangat dibutuhkan sehari-hari. Mulai dari makanan yang sederhana hingga makanan yang berkelas tinggi dan mewah. Semua itu, membutuhkan pengolahan yang serba enak.

salah satu festival wisata kuliner

Sedangkan wisata kuliner sendiri adalah kegiatan yang dilakukan banyak orang dalam bidang kebutuhan makanan, untuk hiburan. Sensasi LIDAH tak dapat ditipu dengan rasa nikmat dan lezat. Kemauan lidah berbeda dengan hasrat akan rasa lapar. Kalau rasa lapar dapat dipenuhi dengan makanan yang umum nasi dan sayur serta lauk. Namun sensasi lidah sudah termasuk fashion atau gaya hidup yang membutuhkan biaya dan harga mahal. Sering dan banyak orang mencari makan khas hanya untuk kegiatan memenuhi sensasi lidahnya.

Berdasarkan pengertian wisata kuliner tersebut, Anda yang memiliki hobi jalan-jalan dan makan sangat cocok untuk melakukan kegiatan ini. Bila Anda doyan makan, pasti Anda akan berusaha mencicipi makanan yang baru. Entah rasa makanan yang lebih sedap, inovasi makanan yang jadi baru, mencicipi cita rasa yang masih ‘perawan’ di lidah, atau makan sambil menikmati metropolis view dari restoran yang dikujungi, bisa menjadi kesenangan tersendiri.

Dari beberapa uraian diatas, bisa kita lihat bahwa perbedaan antara kuliner dan wisata kuliner tidaklah terlalu jauh. Kuliner adalah makanannya, sedangkan wisata kuliner adalah kegiatan untuk menikmati makanannya. Sekian dari saya mohon maaf jika ada kesalahan dan Wassalamualaikum wr.wb.